Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Pelatihan Penggunaan Metode Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Guru TPA

Nurul Aini (Institut Agama Islam Darussalam)
Masruddin Masruddin (Institut Agama Islam Darussalam)
Sahrahman Sahrahman (Institut Agama Islam Darussalam)
Khalilurrahman Khalilurrahman (Institut Agama Islam Darussalam)
Ahmad Faisal (Institut Agama Islam Darussalam Martapura)
Rahimah Rahimah (Institut Agama Islam Darussalam)
Hanafi Hanafi (Institut Agama Islam Darussalam)
Arisna Wahyuni (Institut Agama Islam Darussalam)
Putri Rahmah (Institut Agama Islam Darussalam)
Siti Juleha (Institut Agama Islam Darussalam)



Article Info

Publish Date
24 May 2023

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan didasarkan adanya keluhan dari guru TPA yang merasa kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an hal ini dikarenakan materi yang cukup banyak dan waktu pembelajaran yang singkat sehingga sampai saat ini belum adanya pelatihan terkait penggunaan metode yang efektif dalam pembelajaran Al-Qur’an ditempatnya. Tujuan dari pengabdian ini adalah melatih guru TPA dalam menggunakan metode pembelajaran Al-Qur’an untuk anak usia dini, metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan, diskusi, dan pendampingan kemudian hasil dari pengabdian berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pelatihan penggunaan metode pembelajaran Al-Qur’an untuk Guru TPA di Pondok Pesantren Sulamus Saniyyah rata-rata 89,53 dalam kategori sangat setuju artinya kegiatan pelatihan ini dapat dikatakan berhasil dan bermanfaat bagi peserta yaitu guru-guru TPA mengenai penggunaan metode pembelajaran Al-Qur’an untuk anak usia dini. This service is carried out based on complaints from TPA teachers who find it difficult in implementing Al-Qur'an learning, this is because there is quite a lot of material and short learning time so until now there has been no training regarding the use of effective methods in learning Al-Qur'an and in place. The purpose of this service is to train TPA teachers in using the Al-Qur'an learning method for early childhood, the service method used is training, discussion, and mentoring then the results of the service are based on the evaluation results of training activities using the Al-Qur'an learning method for TPA teachers at the Sulamus Saniyyah Islamic Boarding School the average is 89.53 in the very agree category, meaning that this training activity can be said to be successful and useful for participants, namely TPA teachers regarding the use of Al-Qur’an learning methods for early childhood.

Copyrights © 2023