JURNAL ANSIRU PAI : Jurnal Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam
Vol 6, No 2 (2022): JURNAL ANSIRU PAI

KOMBINASI METODE BERNYANYI DAN GERAK DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ASMAUL HUSNA DI TK ILMI INSANI JAYA

Lenni Mardiyati Hasibuan (Universitas Alwashliyah Medan)
Irwansyah Irwansyah (Universitas Alwashliyah Medan)
Armanila Armanila (Universitas Alwashliyah Medan)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan mengenai kombinasi metode bernyanyi dan gerak dalam meningkatkkan hafalan asmaul husna di TK Ilmi Isnani. Penelitian ini menggunakan penelian ini menggunakn penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,  wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan reduksi data,  penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini di peroleh bahwa di dalam menghafal Asmaul Husna terdapat metode khusus yang di pakai oleh siswa di TK Ilmi Insani Jaya,  yaitu menggunakan metode menghafal dengan kombinasi bernyanyi dan gerak (satu hari 5 Asmaul Husna). Dalam metode ini seorang pendidik membacakan Asmaul Husna,  yang kemudian siswa mengikuti scara klasikal kemudian menyetorkan hafalan kepada pendidik. Faktor pendukung bagi penerapan metode bernyanyi dan gerak dalam meningkatkan mengahafal Asmaul husna pada anak kelompok B di TK Ilmi Insani Jaya Kec. Percut Sei Tuan adalah :1. Ketersediaan tempat yang sangat mendukung dan nyaman 2.mengulang – ngulang hafalan.3.menegemen waktu yang tepat dan memberi kesempatan mengikuti iven - iven. Faktor pengahambat bagi penerapan metode bernyanyi dan gerak dalam meninkatkan hafalan Asmaul Husnadi TK Ilmi Insani Jaya kec. Percut sei tuan adalah : 1. Anak malas dan bosan dalam mengulang hafalan 2. Mood anak sering berubah 3.Kurangnya movasi orang tua untuk mendorong anak untuk mengafal 4.Peserta didik tidak mau mengulang hafalannya. 5. Gerakan terlalu cepat. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ansiru

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL ansiru PAI is a scientific journal on Teacher Training and Development of Islamic Education. The journal is managed by Master Degree Program under the Faculty of Islamic Education and Teacher Training (FITK) of the State Islamic University of North Sumatera (UIN Sumatera Utara). This journal ...