JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP

Dewanta Eka Putra Bagus (Universitas Jember)
Rusdianto Rusdianto (Universitas Jember)
Supeno Supeno (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemui berupa rendahnya penguasaan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa SMP. Cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran, yang dikembangkan secara khusus supaya dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa. Modul aplikasi merupakan salah satu bentuk dari media pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi terkini. Media ini telah disesuaikan dengan perkembangan jaman yang menuntut pengaplikasian teknologi dalam pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami informasi yang diberikan. Modul didesain terintegrasi dengan fitur Virtual Reality (VR) yang dapat menstimulus siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektifitas modul aplikasi berbasis android yang memiliki fitur VR dan gambar 360, dalam meningkatkan HOTS siswa SMP melalui topik pencemaran lingkungan. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai validasi aplikasi sebesar 95%, nilai efektivitas aplikasi sebesar 95%, dan nilai n-gain berdasarkan hasil pretest dan posttest sebesar 0.66 yang menyatakan bahwa bahwa aplikasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kategori sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...