Kemajuan Pendidikan tidak terlepas dari kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Kreatifitas guru dalam membuat suatu bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan menjadi faktor ketercapaian tujuan pembelajaran. Guru mampu merancang suatu media pembelajaran sesuai perkembangan zaman dan tidak terlepas dari tuntutan kurikulum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perangkat ajar E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains yang valid. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D. Tahapan-tahapan dalam 4-D model terdiri atas beberapa fase, yaitu tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini dibatasi pada tahap Develop uji validitas produk. Teknik pengumpulan data menggunakan Instrumen Validitas E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL. Teknik analisis data validitas menggunakan Skala Likert yang disusun dalam bentuk pertanyaan dengan 5 (lima) kriteria respon. Hasil penelitian dari uji validitas didapatkan bahwa Bahan Ajar dalam bentuk E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL terhadap ketrampilan Proses Sains siswa dengan kategori sangat valid dengan nilai 88,3%. Hasil ini menunjukkan bahwa E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL dapat diujicobakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023