Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2023): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Analisis Respon Peserta Didik terhadap Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share

Dara Miralda (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Nafida Hetty Marhaeni (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui respons peserta didik terhadap penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam pembelajaran matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket respons peserta didik dan LKPD berbasis think pair share. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 4 Yogyakarta di kelas VIII.C. Sampel yang digunakan adalah 32 peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa LKPD berbasis metode kooperatif tipe think pair share mendapat respons yang sangat baik secara keseluruhan. Dari kelompok rendah (B1), LKPD berbasis think pair share mendapat respons baik dan dari kelompok tinggi (B2), LKPD berbasis think pair share mendapat respons sangat baik. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa masing-masing aspek dari angket respons peserta didik memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05, hal ini berarti adanya perbedaan signifikansi antara kedua kelompok peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mempengaruhi secara signifikan terhadap angket respons peserta didik dari segi aspek kualitas isi, kualitas teknik, kualitas pembelajaran, dan kesesuaian materi LKPD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...