Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkuliahan daring yang sering terjadi satu arah dan kurangnya kegiatan yang menarik pada masa pandemic covid 19. Tujuan dari penelitian ini yaitu pengembangkan perangkat media E-learning berbasis Google site pada mata kuliah Pendidikan IPA Biologi di SD. Perangkat media E-learning ini memuat bahan ajar pembelajaran Biologi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada materi Biologi. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model Alessi dan Trollip yaitu planning, design dan development. Instrument yang digunakan terdiri dari ,validasi ahli, validasi materi serta respon mahasiswa yang diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan uji validasi oleh para ahli, untuk ahli materi mendapatkan skor 97% dengan kriteria sangat valid, untuk ahli ahli media mendapatkan skor 93% dengan kriteria sangat valid. Keefektifan bahan ajar respon mahasiswa pada uji coba satu per satu mendapatan skor 88% sangat efektif Hasil dari penelitian ini, merupakan sebuah produk LMS yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam mempermudah pembelajaran secara daring. . Kata kunci: Google site, Hybrid Learning, E-Larerning
Copyrights © 2023