Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering
Vol 2 No 2 (2022): DESEMBER 2022

Kemampuan Literasi Di Media Sosial Sebagai Kecakapan Hidup Generasi Z

Kurniawan, Fajar Sari (Unknown)
Sari, Dhesi Wulan (Unknown)
Alimatussa'diyah, Alimatussa'diyah (Unknown)
Purwanto, Purwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Generasi Z di era industri 4.0 mempunyai ketergantungan yang sangat kuat pada kemajuan teknologi dan informasi. Derasnya arus informasi yang mendominasi media sosial menjadi bagian yang tak terhindarkan. Hal tersebut menuntut generasi Z untuk memiliki kecakapan hidup khususnya kecakapan dalam melakukan literasi di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman dan penerapan literasi di media sosial pada generasi Z khususnya mahasiswa Politeknik Maritim Negeri Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Objek penelitian adalah mahasiswa dari program studi nautika, teknika dan transportasi laut. Jumlah sampel ditentukan menggunakan teknik purposive random sampling. Data didapatkan dengan menyebarkan kuisioner melalui pesan Whatsapp. Kuisioner menggunakan skala Likert dan terdiri dari tiga komponen. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa komponen A untuk mengukur kemampuan membaca di media sosial mendapatkan nilai indeks berharga positif dengan prosentase 95%, sedangkan indeks literasi di media sosial pada kemampuan menggali ide dan menulis sebesar 82%, dan indeks literasi di media sosial pada kemampuan memahami dan menyeleksi informasi generasi z mendapatan prosentase sebesar 98%

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsite

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

System Engineering, Information Technology, Electronics Enginering, Electrical Engineering, Mechatronics, Automation, Educational Digital Media, Artificial Intelligence, and ...