Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja, tingkat kesejahteraanterhadap kinerja tenaga kependidikan di Universitas Buana Perjuangan Karawang. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.Responden dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Dari hasil penelitian dan analisa bahwaKepemimpinan, Motivasi, Kesejahteraan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja tenagakependidikan baik secara parsial maupun secara simultan. Namun demikian, dari ketiga variabel tersebutterdapat satu variabel yang memiliki pengaruh secara signifikan, yaitu Motivasi. Teori motivasi yangmenjadi dasar dalam penelitian ini, diambil dari teori motivasi Maslow berdasarkan lima kebutuhan hirarkiyang harus dipenuhi oleh karyawan antara lain kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhansosial, kebutuhan penghargaan dan aktualisasi diri. Dilihat dari besaran presentase hasil penelitian padavariabel Motivasi sangat berpengaruh terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan di Universitas BuanaPerjuangan Karawang, yang berarti kelima kebutuhan tersebut sudah terpenuhi bagi Tenaga Kependidikandi Universitas Buana Perjuangan Karawang.
Copyrights © 2023