Anak usia dini mempunyai daya serap atau tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Hal ini sangat berpengaruh pada kurangnya tingkat perhatian anak dan kurangnya daya ingat anak. Maka dari itu perlunya memberikan pemahaman kepada anak berupa edukasi dapat dilakukan dengan cara memilih kegiatan yang mampu mengembangkan kemampuan fisik motorik pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak di RA Al – Marhamah Kota Langsa dan juga di maksudkan untuk meningkatkan semangat belajar pada anak usia dini pada pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskripsi. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah anak-anak kelas B di RA Al – Marhamah Kota Langsa yang berjumlah 20 orang anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada kegiatan peningkatan fisik motorik anak melalui senam fantasi di RA Al A–Marhamah Kota Langsa ini sudah berjalan sesuai dengan tahapan perkembangan yang diharapkan, (2) Maka terlihat jelas perkembangannya seperti sebelumnya anak belum mampu melakukan gerakan senam sesuai irama, namun dengan adanya kegiatan senam dapat meningkatkan daya imajinasi pada anak dalam melakukan gerakan senam sesuai irama lagu, anak juga sudah mampu melakukan gerakan senam sesuai dengan irama yang di putarkan oleh guru.
Copyrights © 2023