Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
Vol 3, No 2 (2023): June

Evaluasi Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Pendekatan STEM

Reza Rifaldi (Universitas Negeri Gorontalo)
Jelepion Tambuni (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Rahmat (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Artikel ini membahas evaluasi pembelajaran blended learning menggunakan pendekatan STEM. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui relevansi dan efektivitas kombinasi model pembelajaran blended learning dengan pendekatan STEM pada era new normal pasca COVID-19. Metode yang digunakan dalam artikel ini meliputi tinjauan literatur terhadap 3 artikel penelitian dengan kata kunci blended learning dan STEM yang diterbtikan sejak tahun 2022. Subjek penelitian adalah siswa dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran blended learning dengan pendekatan STEM meningkatkan efektivitas pembelajaran, dimana terdapat peningkatan kemampuan berfikir kritis dan kemampuan literasi pada sampel penelitian. Agar dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajaran, peserta didik dapat menambahkan atau memodifikasi pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan pembelajaran, serta materi pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dikmas

Publisher

Subject

Education

Description

Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian is a journal managed by Master Program in Nonformal Education Post Graduate Program Gorontalo State University. This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community ...