Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
Vol 3, No 2 (2023): June

Evaluasi Pembelajaran Daring Berbasis Bichronous dengan Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Digital, Flipped Classroom, Blended Learning

Ramdan Hamid (Universitas Negeri Gorontalo)
Fajar Saputra Pratama (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Rahmat (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran daring berbasis bichronous dengan pengembangan alat evaluasi berbasis digital, flipped classroom, dan blended learning. Penelitian dilakukan pada peserta didik selama masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan evaluasi kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring berbasis bichronous dengan pengembangan alat evaluasi berbasis digital, flipped classroom, dan blended learning dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring. Alat evaluasi berbasis digital juga efektif dan efisien untuk digunakan dalam pembelajaran daring. Model pembelajaran flipped classroom dan blended learning juga terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring. Oleh karena itu, disarankan bagi pengajar untuk mengadopsi model pembelajaran daring bichronous dengan pengembangan alat evaluasi berbasis digital, flipped classroom, dan blended learning dalam proses pembelajaran daring.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dikmas

Publisher

Subject

Education

Description

Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian is a journal managed by Master Program in Nonformal Education Post Graduate Program Gorontalo State University. This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community ...