Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
Vol 2 No 1 (2023): Maret

Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Paired Storytelling dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar

Riris Nurkholidah Rambe (Unknown)
Pipi Andriani (Unknown)
Arfatussalamah Tanjung (Unknown)
Alliyah Putri (Unknown)
Siti Amsarina Pangaribuan (Unknown)
Mutika Amini Hutajulu (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Strategi pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling (cerita berpasangan) adalah strategi pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan untuk memfasilitasi peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang lebih bermakna terhadap keterampilan berbahasa anak usia sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan dan menjawab persoalan tentang fenomena dan peristiwa yang terjadi saat ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling dikatakan sangat efektif dilaksanakan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar, dan (2) siswa sekolah dasar sangat antusias dalam mendengarkan cerita, mencari kata kunci, membuat karangan cerita, dan membacakan hasil dari kerja kelompok yang telah dilakukan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekiawan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman is a regular scientific journal published by the Zia Salsabila Foundation, Education and Research Sector since 2022. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, published four times a year in January-March, April-June, July-September, and ...