ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 2 No 3 (2023): Volume 2 Nomor 3. Page: 307 - 439

Teori Belajar Konstruktivistik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran PAI

Siska Wahyuni Fitri (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Nelfia Nofitri (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Wulan Say (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Darul Ilmi (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2023

Abstract

Karakteristik manusia masa depan yang diharapkan dalam rangka membangun sumber daya manusia adalah manusia-manusia yang memiliki kepekaan, kemandirian, tanggungjawab terhadap risiko dalam pengambilan keputusan, mengembangkan segenap aspek potensi melalui proses belajar yang terus menerus untuk menemukan diri sendiri yaitu proses to learn to be. Untuk mencapai tujuan ini dipilih teori belajar konstruktivistik, sebab dibandingkan teori belajar lain, teori ini dapat mengantisipasi pergeseran dari pendidikan yang lebih menekankan aspek kognitif menuju aspek potensi manusia secara utuh. Di samping itu teori belajar konstruktivistik pembelajarannya lebih menekankan aktivitas mahasiswa daripada pendidik. Menurut pandangan konstruktivistik belajar merupakan suatu proses pembentukan pengetahuan. Pembentukan ini harus dilakukan individu yang belajar, ia harus aktif melakukan kegiatan, aktif berfikir, menyusun konsep dan memberi makna tentang hal-hal yang dipelajari.

Copyrights © 2023