Jurnal Jeumpa
Vol 10 No 1 (2023): Jurnal Jeumpa

Hubungan Tingkat Partisipasi Mahasiswa pada E-Learning Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi Berbasis RQA dengan Hasil Belajar Mahasiswa

Andayani, Dewi (Unknown)
Wardiah, Wardiah (Unknown)
Puspa, Vivera Ruselli (Unknown)
Muhammad, Nazar (Unknown)
Istiqlal, Yaumil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Peralihan pola belajar daring selama pandemi covid 19 menuju pembelajaran luring memerlukan adaptasi yang cepat para diri pembelajar. Pemilihan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan tingkat partisipasi mahasiswa pada e-learning mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi yang berbasis model pembelajaran Reading Question and Answering (RQA) dengan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di bulan Februai s.d Mei 2022. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen, penentuan sampel dengan total sampling. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa peserta mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi yang berjumlah 87 mahasiswa. Data dianalisis secara kuantitif dengan menggunakan uji r. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara tingkat partisipasi mahasiswa pada e-learning mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi dengan hasil belajar mahasiswa, dimana nilai r = 0.68. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara tingkat partisipasi mahasiswa di E-learning dengan hasil belajar mahasiswa peserta kelas Botani Tumbuhan Tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...