Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga terhadap minat belajar PAK anak dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keharmonisan keluarga terhadap minat belajar PAK anak. Metode yang digunakan adalah metode literatur research (penelitian kepustakaan) yang dimaksudkan membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian. Subjek penelitian ini adalah anak, orangtua dan anggota keluarga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh keharmonisan keluarga terhadap minat belajar PAK anak. Artinya, semakin tinggi keharmonisan keluarga, maka semakin tinggi pula minat belajar PAK anak. Dalam penelitian, ini juga dapat dilihat faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar PAK anak yaitu faktor internal (taraf intelegensi, motivasi belajar, perasaan sikap dan keadaan psikis-psikis), faktor eksternal (orangtua, guru dan masyarakat) dan usaha-usaha membina keharmonisan keluarga (cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, menjaga suasana rumah dan mengatur keadaan ekonomi keluarga).
Copyrights © 2023