Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan studi komparasi tentang pola pembinaan akhlak di pondok pesantren unwanul falah paok lombok dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi dan analisis data dengan tiga langkah, mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan dan selanjutnya uji kredibilitas data. Pembinaan akhlak merupakan hal penting yang harus di lakukan oleh lembaga pendidikan lebih-lebih sebuah pondok pesantren. Di pondok pesantren unwanul falah terdapat siswa-siswi yang di asramakan dan tidak di asramakan dan memiliki pola pembinaan masing-masing agar peserta didik memiliki akhlak sesuai harapan dari adanya lembaga pendidikan, lebih-lebih pondok pesantren. Namun demikian ada perbedaan pola pembinaan akhlak antara siswa-siswi yang diasramakan dan tidak. Siswa yang tidak berasrama memiliki keterbatasan waktu dalam pembinaannya sedangkan siswa-siswi yang di asrama memiliki waktu yang lebih banyak sehingga pola pembinaan akhlak bisa terlaksana lebih maksimal
Copyrights © 2023