Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 2, No 4 (2023)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL BERBASIS MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Adnan,K Adnan,K (UNM)
Mujahidah Mujahidah (UNM)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri sosial berbasis multikultural dalam meninggkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Adapun hasil dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS dimana pada siklus I  persentase ketuntasan siswa 50% dimana siswa belum mencapai indikator, maka peneliti melanjutkan ke siklus II dimana pada siklus ini siswa mendapat persentase ketuntasan 83,3% dan sudah mencapai indikator dan dengan demikian penelitian dianggap berhasil. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri sosial berbasis multikultural dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV UPTD SD Negeri 91 Barru Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...