Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 2, No 2 (2022)

PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Aprian Subhananto (Universitas Bina Bangsa Getsempena)
Shadilla Rusali (Universitas Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Tujuan Penelitian adalah mendeskripsikan penerapan realistic mathematics education materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD, dan menganalisis peningkatan hasil belajar materi pecahan siswa SD dengan menggunakan realistic mathematics education. Adapun yang melandasi dilakukan penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika. Siswa cenderung pasif ketika mengikuti proses pembelajaran di kelas, dimana siswa hanya menghafal penjelasan guru, tanpa mengerti mengenai konsep dari materi yang diajarkan, sehingga kebanyakan siswa kurang memahami materi yang di ajarkan. Dalam proses pembelajaran masih terlalu didominasi oleh peran guru. Guru lebih banyak menempatkan siswa sebagai objek dan bukan sebagai subjek didik sehingga mengakibatkan kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika yang berakibat kepada rendahnya hasil belajar yang siswa peroleh. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan objek penelitian adalah siswa SD N 19 Banda Aceh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...