Chemistry Education Practice
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS POWER POINT ISPRING SUITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN MANDIRI DI SMAN 1 GUNUNGSARI

Itsna Hasanah (Universitas Mataram)
Jeckson Siahaan (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia)
Muntari Muntari (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia)
Burhanuddin Burhanuddin (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian pengembangan (Reaserch and Developement) ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis Powerpoint iSpring Suite denganĀ  tingkat validitas, praktikalitas dan keeefektifan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop dan Desseminate). Tingkat validitas media pembelajaran kimia yang divalidasi oleh 4 (empat) validator memperoleh nilai V = 0,82 denganĀ  kategori sangat valid. Tingkat praktikalitas media pembelajaran kimia memperoleh persentase sebesar 82,30% dengan kategori sangat praktis. Tingkat efektivitas media pembelajaran kimia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan hasil analisis n-gain pada kelas ekperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yang dibuktikan dengan perolehan nilai pada kelas eksperimen sebesar 53% dan kelas kontrol sebesar 30%. Selanjutnya, untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, digunakan uji t dengan hasil thitung = 10,060 > ttabel = 2,0002 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...