Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei 2023

Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah

Armei Linda, Daneswara (Unknown)
Indriati, Nika Dewi (Unknown)
Indiati, Intan (Unknown)
Ariyanto, Lilik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa melalui pembelajaran Problem Bases Learning pada materi Program Linear kelas X Boga 3 dan Kecantikan 2 di SMK Negeri 6 Semarang adalah tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Pre and Posttest Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling dan terpilih kelas X Boga 3 sebagai kelas eksperimen dan X Kecantikan 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Perbedaan rata-rata nilai kemampuan literasi matematis siwa kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan menunjukkan peningkatan sebesar 20,3 poin ( dari 58 menjadi 78,3 ). Hasil uji t pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa t_hitung=3,789 lebih besar dari t_tabel dengan derajat kebebasan 66, yaitu 1,668. Oleh karena itu H_0 atau hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata kemampuan literasi matematis siswa kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...