Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2023

Implementasi Metode Learning Start With a Question Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 228 Gattareng Kec. Gantarang Kab. Bulukumba

Nur Ismayani (Unknown)
Nursalam (Unknown)
Syaribulan K (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode Learning Start With A Question.  Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas ( Class  Action Research ) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes berbentuk essay dan pilihan ganda, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 21 orang siswa. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa  dari siklus I dan siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 38% yang masuk dalam kategori tuntas, sedangkan 62% berada pada kategori tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II kategori tuntas siswa menjadi 95,24 % sedangkan kategori tidak tuntas 4,76%. Peningkatan hasil belajar siswa didukung oleh aktivitas belajar siswa berupa keaktifan bertanya, menjawab dan menyimak bacaan yang diberikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...