Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep.matematika pada.siswa kelas.IV. Hal ini disebabkan oleh penggunaan bahan ajar yang kurang menarik. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yaitu menggunakan bahan ajar yang menarik dan menggunakan model pembelajaran, seperti model problem based learning (PBL). PBL merupakan model pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai pusat dari kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji pemahaman siswa setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Subyek pada penelitian ini yaitu 40 orang siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar mendapatkan persentase kelayakan dari ahli materi dan ahli media sebesar 82% dengan kriteria valid dan ahli praktisi 87% dengan kriteria sangat positif. Hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Perolehan rata-rata N-Gain score pemahaman konsep pada uji coba terbatas adalah 0,50 dan uji coba lebih luas adalah 0,64. Maka dapat disimpulkan bahwa N-Gain pada kedua uji coba tersebut mendapatkan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi powerpoint layak digunakan dalam pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023