Global Journal Basic Education
Vol 2 No 2 (2023): Mei

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Studi Siswa Kelas V SDN 231 Inpres Tanah Tekko Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros)

Hafid, Abdul (Unknown)
Amalia, Reska (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian PTK yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 231 Inpres Tanah Tekko Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 18 siswa dan guru wali kelas V.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, mendeskripsikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I sebanyak 66,66% atau 12 siswa memperoleh nilai rata-rata 70,92 berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 83,33% atau 15 siswa dengan nilai rata-rata 79,5 berada pada kategori baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 231 Inpres Tanah Tekko Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...