JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 19, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Khusus

Hubungan antara Self-compassion dengan Burnout pada Guru Sekolah Dasar Inklusif

Bewizta Maurilla Hasyyati (Universitas Padjadjaran)
Pratiwi Widyasari (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Guru sekolah inklusif rentan mengalami stres terkait pekerjaan, yang dapat menimbulkan burnout. Burnout berdampak negatif pada performa guru maupun pencapaian akademis dan sosial siswa. Penelitian sebelumnya mengajukan self-compassion sebagai pencegah burnout. Penelitian ini menguji korelasi antara self-compassion dengan burnout pada guru SD inklusif menggunakan Self-Compassion Scale dan Maslach Burnout Inventory-Educators Survey. 170 guru kelas dan pendamping SD inklusif direkrut dengan metode purposive dan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui google form dan kuesioner paper-and-pencil di SD inklusif di Jakarta, Depok, Bogor. Pearson correlation digunakan untuk menganalisis korelasi antara self-compassion dengan burnout. Sesuai hipotesis, self-compassion berhubungan signifikan dengan dimensi burnout, yaitu hubungan negatif dengan kelelahan emosional dan depersonalisasi, serta hubungan positif dengan pencapaian personal. Penemuan mengindikasikan self-compassion sebagai pelindung terhadap burnout pada guru SD inklusif. Dengan demikian, penting bagi guru sekolah inklusif untuk mengembangkan self-compassion untuk mengantisipasi burnout. Limitasi dan saran penelitian didiskusikan lebih lanjut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...