Jurnal Bangun Abdimas
Vol 2 No 1: Mei 2023

SOSIALISASI PENGGUNAAN PICTURE SERIES (GAMBAR SERI) UNTUK MENUNJANG KETERAMPILAN SISWA KELAS 8 DALAM MENULIS “RECOUNT TEXT” DI SMP NEGERI 4 PEMATANG SIANTAR

Heppy Theresia Sitompul (Faculty of Teachers Training and Education, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Elprinawati Purba (Faculty of Teachers Training and Education, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Natalia Murni Br Situmorang (Faculty of Teachers Training and Education, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Novita Simanjuntak (Faculty of Teachers Training and Education, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Sarah Aufah Athiya (Faculty of Teachers Training and Education, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Sri Maneni Manurung (Faculty of Teachers Training and Education, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Herman Herman (Faculty of Teachers Training and Education, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Welmar Olfan Basten Barat (Faculty of Engineering and Management of Aquatic Resources, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Elina Lulu Rumapea (Department of Accounting, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Bitung)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Hasil observasi kemampuan siswa pada sekolah ini,dapat diketahui bahwa siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Pematang Siantar memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menulis teks berbahasa Inggris. Kemampuan yang cukup baik ini dapat dilihat dari banyak nya kertas yang terisi dengan waktu yang cukup singkat saat pemberian tugas, cerita yang ditulis cukup menarik, letak penulisan sesuai dengan struktur teks recount, serta penggunaan tata Bahasa yang cukup bagus. Siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Pematang Siantar yang terdiri dari 32 siswa adalah subjek dalam observasi ini. Para peneliti menggunakan lembar pengamatan yang sudah disiapkan untuk mengambil data dari guru dan siswa dikelas. Dalam penelitian ini guru yang mengajar Bahasa Inggris di Kelas 8 SMP Negeri 4 Pematang Siantar bertindak sebagai pengamat. Hasil dari pengabdian ini adalah gambar seri (picture series) ini mempengaruhi semangat, aktivitas, kreatifitas serta kepercayaan diri pada siswa selama proses pembelajaran. Hasil tes kemampuan menulis teks recount ini 81% atau 26 siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dapat disimpulkan bahwa gambar seri efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis recount teks. Maka disarankan kepada Guru Bahasa Inggris menggunakan gambar seri sebagai media pembelajaran khususnya dalam penulisan teks recount karena menimbulkan daya tarik siswa  terhadap gambar yang berwarna dan melatih imajinasi mereka dalam berfikir dan mengingat kejadian di masa lampau.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Materials Science & Nanotechnology Public Health Other

Description

Jurnal Bangun Abdimas Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil Pengabdian Kepada Masyarakat yang di Lakukan para Dosen-dosen yang ada di Indonesia maupun Luar Negeri Artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan ...