Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik berbantuan video terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X MAN 1 Kota Gorontalo semester genap tahun 2021, pada materi  trigonometri. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test post-test control group design. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan uji  two way anova, dan pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh dua kelas sampel penelitian, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 8 sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji two way ANOVA dengan bantuan SPSS v.25 diperoleh nilai signifikansi hitung = 0,000 taraf signifikansi = 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. artinya terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik learning  berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika pada siswa kelas X MAN 1 Kota Gorontalo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023