Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 17, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan UNIGA

Efektivitas Media Virtual Piano Terhadap Pemahaman Mahasiswa PGSD Pada Teori Dasar Piano

Rudi Akmal (UNIVERSITAS GARUT)
Nurul Fatonah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas media virtual piano terhadap pemahaman mahasiswa PGSD pada materi tangga nada. Dalam penelitian ini, kami menggunakan kelompok eksperimen  dengan metode desain pretest-posttest. Penelitian ini tidak menggunakan kelas perbandingan, tetapi menggunakan tes awal untuk memastikan efektivitas media piano virtual dapat ditentukan. Pada penelitian ini subjek terlebih dahulu dilakukan pre-test untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa sebelum disuguhi media virtual piano. Subjek pada penelitian ini sebanyak 35 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes. metode analisis data dengan menggunakan uji parametik peningkatan N-gain dan Paired Samples Test. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretes dengan skor postes setelah perlakuan dengan nilai sign 2-tailed 0,000 ≤ 0,05. Kemudian terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman teori dasar piano mahasiswa yang menggunakan pembelajaran dengan media virtual daripada pembelajaran langsung. terlihat bahwa pembelajaran dengan Media Virtual piano memberikan peningkatan yang signifikan dengan rataan N-gain sebesar 0,72 dan masuk pada kategori tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...