Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 3 (2023)

Pengaruh Game Mobile terhadap Kepribadian Sosial Anak Usia Dini pada Taman Kanak Kanak

Putu Yuni Retmayanti (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
I Made Gede Anadhi (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
Ida Bagus Komang Sindu Putra (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Kemajuan teknologi akses untuk membuka game menjadi lebih mudah terutama game mobile, dengan adanya game mobile akses game lebih mudah dan menyebabkan kebanyakan anak-anak sering berkata-kata kasar seperti saat mereka bermain game. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu menganalisis bagaimana pengaruh positif dan negatif dari game mobile untuk kepribadian sosial di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada 20 responden, dengan teknik pengumpulan data observasi, kuesioner dan wawancara, dengan instrumen penelitian menggunakan handphone sebagai dokumentasi dan merekam. Pada Teknik analisis data menggunakan rubik penilaian akan dihitung rata-rata dari setiap indikator sebagai satu angka yang mewakili keseluruhan data set. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh baik dari bermain game mobile kepada kepribadian sosial meliputi beberapa hal yaitu : kerja sama/teamwork dan rasa belas kasihan (simpati). Pengaruh negatif dari game mobile kepada kepribadian sosial yaitu Mengumpat, pembangkang, berkelahi, dan juga mengganggu peserta didik lain. Dampak negatif lebih dominan jika dibandingkan dampak positif. Dengan adanya penelitian pembaca dapat mengetahui dampak baik dan buruk dari game mobile.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...