Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 3 (2023)

Konflik Moral Guru dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek di PAUD

Jumiatmoko Jumiatmoko (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Upik Elok Endang Rasmani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Siti Wahyuningsih (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Nurul Shofiatin Zuhro (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Anjar Fitrianingtyas (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Novita Eka Nurjanah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Bambang Winarji (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Konflik moral terjadi pada guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek. Hal tersebut menghambat tercapainya proses dan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi komponen dan proporsi konflik moral dalam implementasi pembelajaran berbasis proyek. Konflik moral ini diidentifikasi dari guru PAUD yang telah melaksanakan pembelajaran berbasis proyek (N=31), dengan masa kerja 5-18 tahun (Mmasa kerja= 9,04 Tahun). Data dikumpulkan dengan Google Form selamat 7 (tujuh) hari. Data dianalisis dengan kualitatif Content Analysis dan kuantitatif deskriptif. Sesuai urutannya, hasil kategorisasi tema konflik moral ditemukan 4 (Empat) komponen yaitu: 1) terkait dengan Anak, 2) terkait dengan guru, 3) terkait dengan teknis, 4) terkait dengan orang tua. Setiap temuan dibahas secara teoretis terkait latar belakang guru berupa status guru penggerak, guru bersertifikasi, masa kerja, dan asal lembaga. Temuan ini mendorong advokasi secara moral dan material bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek pada konteks PAUD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...