EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Dampak Program Pembinaan Wali Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPIT Nurul Fikri Boarding School Bogor

Sepiah Sepiah (Universitas Ibn Khaldun Bogor,Indonesia)
Rahmat Rosyadi (Universitas Ibn Khaldun Bogor,Indonesia)
Wido Supraha (Universitas Ibn Khaldun Bogor,Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskkripsikan dampat dari program pembinaan wali kelas terhadap motivasi belajar siswa SMPIT Nurul Fikri Boarding School Bogor. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Kemudian sabjek pada penelitian ini ialah kepala sekolah, koordinator wali kelas, dan wai kelas. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Kesimpulan dari penelitian ini ialah 1) terdapat peningatan motivasi belajar siswa diĀ  sekolah Nurul Fikri Bogor.2) Program upgrading,dan perogram program yang lain dilaksanakanĀ  di sekolah dapat berdampat terhadap motivasi siswa dalam meraih keberhasilan dengan penguatan yang diberikan oleh wali kelas kepada siswa.3) program seperti materi pembinaan terhadap wali kelas dapat berdampak terhadap motivasi siswa, materi yang diperoleh akan di pahamkan ke semua siswa dengan tujuan siswa akan lebih giat dalam belajar, disipin terhadap waktu juga berlomba-lomba dalam kebaikan. Adapun materi materi tersebut yaitu: PTS dan PAT Preparation, Adab Dulu sebelum Ilmu, Proud of My Self, Students Journey, Santri Experience

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...