EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Implikasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Pembelajaran Matematika

Dina Amsari (Universitas Tamansiswa Padang, Indonesia)
Nirmala Santi (Universitas Tamansiswa Padang, Indonesia)
Fahkrullah I Tama Umar (Universitas Tamansiswa Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, peserta didik diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka membangun ide-ide baik secara lisan maupun tulisan. Peserta didik dituntut untuk dapat mengkomunikasikan ide baik dalam kelompok maupun di depan kelas. Melalui diskusi kelompok, peserta didik berkolaborasi dan bekerja sama untuk mencari solusi atas permasalahan dan tugas yang diberikan. Selain itu, peserta didik dapat berinteraksi dan membangun hubungan sosial emosional dengan baik sesama mereka. Oleh karena itu, guru seyogyanya dapat memberikan layanan bimbingan kelompok dalam belajar matematika dan memfasilitasi peserta didik dengan pembelajaran abad 21. Pembelajaram ini menuntut peserta didik untuk dapat berkolaborasi dengan peserta didik lain dan berkomunikasi untuk menyampaikan ide mereka di kelas. Selain itu, melalui bimbingan kelompok, berkolaborasi dan berkomunikasi, akan dapat membentuk karakter sosial yang baik di lingkungan peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...