Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 1 (2023)

Pengaruh model pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Mertak Kesambik

Marudin (Unknown)
Yuliana, Elfa (Unknown)
Suaida, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Mertak Kesambik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Cluster Sampling (Area Sampel), teknik ini digunakan untuk menentukan sampel bila objek yang akan diteliti atau sumber data sangat luas, maka pengambilan sampelnya berdasarkan daerah populasi yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Mertak Kesambik dengan jumlah siswa 27 orang. Dalam penelitian ini peneliti mengambil Sampel sebanyak 15 siswa sebagai Kelas Eksperimen, dan 12 siswa sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data yang telah diperoleh dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran Role Playing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Mertak Kesambik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...