Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 1 (2023)

Pengaruh Model Pembelajaran Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 90 Palembang

Purnama, Wulan (Unknown)
Rizhardi, Rury (Unknown)
Prasrihamni, Mega (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Mnemonic terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 90 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen dengan menggunakan quasi experimental design dengan bentuk desain penelitian nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VA dan VB SD negeri 90 Palembang dengan jumlah total 44 orang siswa, dimana siswa kelas VA berjumlah 22 orang dan kelas VB berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan ini diperoleh data hasil belajar siswa pada tes akhir (posttest) di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata adalah 83,2 dan pada kelas kontrol nilai tes akhir (posttest) dengan nilai rata-rata adalah 68,6. Maka demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Mnemonic terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 90 Palembang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...