eProceedings of Management
Vol. 10 No. 3 (2023): Juni 2023

Analisis Kegiatan Komunikasi Pemasaran Floating Market Lembang Selama Pandemi Covid-19 (Analisis Komunikasi Pemasaran Morrisan)

Rachman, Muhammad Aulia Ariel (Unknown)
Mayangsari, Ira Dwi (Unknown)
Anggraini, Clara Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Situasi pandemi covid-19 memberikan dampak yang cukup memberatkan seluruh pihak mulai dari ekonomi,pendidikan, hingga pariwisata. Floating Market Lembang yang sebelumnya mempunyai rata-rata pengunjung 3000-4000 orang pengunjung, menurun hingga 100-300 orang pengunjung. Penurunan pengunjung tersebut menjadi latarbelakang bagaimana Floating Market Lembang harus menyesuaikan kegiatan komunikasi pemasarannya selamapandemi covid-19.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana informan ahli dan kunci menanggapikegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan Floating Market Lembang. Pengunjung Floating Market Lembangpun dilibatkan dalam penelitian ini dalam memberikan pandangan mereka dalam menanggapi kegiatan komunikasipemasaran yang berjalan pada tahun 2019-2022. Penelitian ini menggunakan teori bauran komunikasi pemasaranMorrisan, yang terdapat unsur advertising, direct marketing, interactive marketing, sales promotion, public relation,personal selling.Penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif yang melakukanwawancara mendalam. Dengan subjek karyawan Floating Market Lembang dan objek komunikasi pemasaran yangdilakukan Floating Market Lembang.Hasil dari penerapan komunikasi pemasaran yang dilakukan Floating MarketLembang diantaranya, (1) Advertising : memaksimalkan ads instagram. (2) Interactive Marketing : menggunakanwebsite dan sosial media sebagai alat promosinya. (3) Sales Promotion : menggunakan diskon dan penyesuaian harga.(4) Public Relations : Membuat acara vaksinasi massal.Kata Kunci-Covid-19, komunikasi pemasaran, floating market lembang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...