Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Pengaruh Sistem Pembelajaran Terhadap Tingkat Prestasi Siswa Di MAN 2 Model Medan

Muhammad Azzam (Universitas Negeri Medan)
Rangga Al Farychi (Universitas Negeri Medan)
Reza Kurniawan Saputra Siregar (Universitas Negeri Medan)
Noufal Sheva Anugrah (Universitas Negeri Medan)
Rahmad Ichsanto Atmaja (Universitas Negeri Medan)
Al Farsi (Universitas Negeri Medan)
Syahputra Manik (Universitas Negeri Medan)
Nurkadri Nurkadri (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem pembelajaran terhadap tingkat prestasi siswa di MAN 2 Model Medan. Sistem pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran berbasis proyek, yang melibatkan siswa dalam aktivitas proyek nyata yang mendorong mereka untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan mengembangkan keterampilan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan sistem pembelajaran berbasis proyek dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Tingkat prestasi siswa diukur dengan menggunakan nilai rata-rata akademik mereka selama satu semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan sistem pembelajaran berbasis proyek memiliki tingkat prestasi yang signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Selain itu, siswa dalam kelompok eksperimen juga menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi, pemecahan masalah, dan kreativitas. Sistem pembelajaran berbasis proyek memiliki pengaruh positif terhadap tingkat prestasi siswa di MAN 2 Model Medan. Pendekatan ini mendorong siswa untuk aktif dan terlibat dalam pembelajaran, sehingga meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan praktis, dan keterampilan sosial mereka. Disarankan agar metode pembelajaran berbasis proyek diterapkan secara luas dalam sistem pendidikan untuk meningkatkan prestasi siswa dan persiapan mereka dalam menghadapi tantangan dunia nyata.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...