Penelitian ini menyoroti rendahnya keterampilan menyimak cerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada murid kelas V di SD Inpres Lambengi Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami proses dan hasil dari peningkatan keterampilan menyimak cerita melalui penerapan model pembelajaran cooperative script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus dilaksanakan dalam empat pertemuan. Fokus penelitian mencakup keterampilan menyimak cerita dan penggunaan model cooperative script di kelas V SD Inpres Lambengi Kabupaten Gowa. Proses penelitian melibatkan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 20 murid kelas V. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar murid dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar murid juga meningkat, dengan rata-rata skor meningkat dari 61 pada siklus I menjadi 92 pada siklus II. Ketuntasan belajar menyimak cerita juga mengalami peningkatan, dengan 97% murid mencapai ketuntasan belajar pada siklus II, dibandingkan dengan hanya 32% pada siklus I. Ketuntasan belajar secara klasikal juga tercapai. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak cerita murid kelas V SD Inpres Lambengi Kabupaten Gowa mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran cooperative script.
Copyrights © 2023