JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Cooperative Script di SD Inpres Lambengi Kabupaten Gowa

Siti Meryam Hamzah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Andi Adam (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sri Rahayu (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini menyoroti rendahnya keterampilan menyimak cerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada murid kelas V di SD Inpres Lambengi Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami proses dan hasil dari peningkatan keterampilan menyimak cerita melalui penerapan model pembelajaran cooperative script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus dilaksanakan dalam empat pertemuan. Fokus penelitian mencakup keterampilan menyimak cerita dan penggunaan model cooperative script di kelas V SD Inpres Lambengi Kabupaten Gowa. Proses penelitian melibatkan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 20 murid kelas V. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar murid dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar murid juga meningkat, dengan rata-rata skor meningkat dari 61 pada siklus I menjadi 92 pada siklus II. Ketuntasan belajar menyimak cerita juga mengalami peningkatan, dengan 97% murid mencapai ketuntasan belajar pada siklus II, dibandingkan dengan hanya 32% pada siklus I. Ketuntasan belajar secara klasikal juga tercapai. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak cerita murid kelas V SD Inpres Lambengi Kabupaten Gowa mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran cooperative script.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...