Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 05 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai Agama Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas 5 SD Kreativa Bogor

Hanif Aruni (Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Indonesia)
Retno Triwoelandari (Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Indonesia)
Suhendra Suhendra (Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 May 2023

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan salah satu wadah yang dapat digunakan untuk membentuk karakter religius siswa sejak dini, sehingga tercipta masyarakat yang beradab saat dewasa. Akan tetapi angka kasus kekerasan anak sekolah di Indonesia semankin meningkat, hal tersebut mencerminkan bahwa minimnya pendidikan karakter yang ditanamkan pada siswa oleh lembaga pedidikan di Indonesia. Sehingga yang terjadi adalah degradasi moral pada siswa, terutama siswa tingkat sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai agama dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pengembangan atau RND (Research And Development) dengan model ASSURE yang dilaksanakan di SD Kreativa Bogor pada bulan November 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5, yaitu kelas 5B dan kelas 5C. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik test, lembar observasi, dan angket. Hasil penelitian berupa modul pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai agama. Analisis data menggunakan Paired Sample t-Test pada kelas 5B dengan hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, analisis data menggunakan Paired Sample t-Test pada kelas 5C dengan hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha keduanya diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan karakter religius siswa kelas 5B dan 5C dari sebelum dan sesudah menggunakan modul pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai agama. Artinya modul tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan karakter religius siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...