Jambura Journal of Educational Management
Volume 4 Nomor 2, September 2023

Implementasi Pembelajaran Literasi Baca Tulis untuk Penanaman Karakter

Galuh Sukma Dewi (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Mataram)
Asrin Asrin (Universitas Mataram)
Awal Nur Kholifatur Rosyidah (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pembelajaran literasi baca tulis dan mendeskripsikan jenis-jenis karakter yang terbentuk dari proses implementasi pembelajaran literasi baca tulis pada peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sepakek. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, Guru Kelas IV, dan Kepala Sekolah SD Negeri 1 Sepakek. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran literasi baca tulis pada kelas IV SD Negeri 1 Sepakek terintegrasi dalam pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Implementasi pembelajaran literasi baca tulis dilaksanakan melalui lima tahapan yaitu 1) Tahap pendahuluan (segala jenis persiapan sarana dan prasarana serta rencana pelaksanaan pembelajaran), 2) Tahap pembiasaan (membaca 10-15 menit sebelum pembelajaran, penggunaan pojok baca dan perpustakaan), 3) Tahap pengembangan (pentas, dan tutor sebaya), 4) Tahap pembelajaran (seluruh kegiatan pembelajaran), dan 5) Tahap evaluasi (perkembangan kemampuan literasi peserta didik, kegiatan pembelajaran literasi). Karakter yang terbentuk dari implementasi pembelajaran literasi baca tulis pada kelas IV SD Negeri 1 Sepakek yaitu Karakter Religius (melalui kegiatan berdoa), Disiplin (mengumpulkan tugas tepat waktu), Gemar Membaca (membaca lebih dari 1 buku setiap hari), Rasa Ingin Tahu, Tanggung Jawab, Peduli Sosial, Kepemimpinan, Percaya Diri, Mandiri, dan Komunikatif

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...