MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 10 No 2 (2023): Juni

Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Webbed Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Deni Okta Nadia (Universitas Negeri Padang)
Yanti Fitria (Universitas Negeri Padang)
Yeni Erita (Universitas Negeri Padang)
Rahmi Yulia (Universitas Negeri Padang)
Nofia Henita (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran terpadu model Webbed terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain one-grup pre-test-pos-ttest. Subyek penelitian ini yakni siswa kelas IV SD Negeri 14 Simpangampek yang berjumlah 19 orang, terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar observasi. Tes kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan dua tahap: pretest dan posttest. Dari penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada pretest adalah 72 dan posttest adalah 88. Analisis data menggunakan SPSS 26 for windows dengan uji Paired Sample t-test pada α (0,05), diperoleh nilai sig 0,018 < α (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Selanjutnya diperoleh nilai N-gain sebesar 0.561 (kategori sedang). Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran terpadu model Webbed terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan.

Copyrights © 2023