Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 2 (2023): April-June

Peningkatan Animo Mahasiswa Menggunakan Metode Balanced Scorecard

Dita Humaeroh (Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Lia Yulianti (Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Armiyanti Armiyanti (Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Daris Yolanda (Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Nova Rati Lova (Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Ervin Aulia Rachman (Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Tatang Sutrisna (Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Iim Wasliman (Universitas Islam Nusantara, Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Pesatnya pertumbuhan perguruan tinggi swasta di Indonesia berdampak pada persaingan dalam menarik calon mahasiswa. Oleh karenanya, setiap perguruan tinggi dituntut memiliki kinerja yang baik agar dapar dapat memiliki daya saing yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Politeknik Bhakti Asih Purwakarta dalam upaya menigkatkan animo mahasiswa dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Penelitian ini menggunakan. pendekatan kualitatif dan menerapkan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang umum digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kinerja keuangan institusi menunjukkan prestasi yang baik. (2) Dalam perspektif pelanggan, yaitu mahasiswa, kinerja institusi dinilai memuaskan karena berhasil menjalin dan. mempertahankan hubungan yang baik dengan mereka. (3) Dari segi bisnis internal, seperti inovasi, proses operasional, dan layanan purna jual, kinerja institusi menunjukkan pencapaian. yang baik karena perubahan dari berbagai segi bisnis. (4) Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, yang melibatkan kapabilitas karyawan, sistem informasi, serta motivasi, pemberdayaan, dan keselarasan, juga menunjukkan kinerja yang baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...