Lingkungan sekolah adalah ranah pendidikan kedua bagi peserta didik. Di lingkungansekolah peserta didik dibimbing dalam segala aspek, akhlak ilmu, dan keterampilan merupakan halyang sangat penting untuk dibina didalam lingkungan sekolah. Permasalahannya, apakah terdapatpengaruh antara lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter peserta didik? Hal iniberangkat dari anggapan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara lingkungan sekolah terhadappembentukan karakter peserta didik di SDN 1 Parakannyasag.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan sekolahterhadap pembentukan karakter peserta didik di SDN 1 Parakannyasag. Penelitian ini diharapkandapat bermanfaaat dalam pengembangan ilmu, perbaikan dan acuan bagi peneliti, guru, maupunkepala sekolah dalam menjalankan pendidikan kedepannya.Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriftif kuantitatif. Populasisebanyak 284 orang dan sampel sebanyak 20 responden dengan teknik Purposive Sampling. Teknikpengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi besertapedomannya. Pengolahan data dilakukan melalui pengolahan data deskriftif dengan korelasi RankSpearman (????????).Berdasarkan hasil penelitian ini adalah pengaruh lingkungan sekolah terhadappembentukan karakter rata-rata 31,75 adalah cukup. Pembentkan karakter peserta didik di SDN 1Parakannyasag rata-rata 28,10 adalah cukup. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukankarakter peserta didik di SDN 1 Parakannyasag berdasarkan klasifikasi guildford, maka harga/nilai???????? sebesar 0,61 berada pada klasifikasi tinggi.Disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkajifaktor-faktor lain yang turut berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik.
Copyrights © 2023