Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 9 No 1 (2023): Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan

INOVASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Waritsman, Arsyil (Unknown)
Afryanti, Frida (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review dengan tahapannya meliputi antara lain Tahap Identifikasi, Tahap penyaringan, Tahap Kelayakan; Tahap Inklusi. Hasil temuan dari analisis sistematis dan komprehensif yang dilakukan, ditemukan beberapa hal antara lain: (1) Inovasi pembelajaran memiliki variasi yang cukup banyak atau begitu beragam pada masa pandemi covid19; (2) Aspek penelitian terkait inovasi mencakup tiga hal antara lain aspek implementasi, pengembangan dan keefektifan; (3) Pendekatan penelitian yang dilakukan terkait dinamika inovasi pembelajaran pada masa pandemi covid-19 bervariasi meliputi studi literatur, deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, kuasi eksperimen, Penelitian pengembangan dan penelitian tindakan kelas; dan (4) Inovasi pembelajaran pada memberikan beragam manfaat pada dunia pendidikan. Secara keseluruhan, kontribusi utama artikel ini adalah penelitian inovasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di Indonesia penting dan menjanjikan. Lebih lanjut, studi literatur ini memberikan warna baru terkait bagaimana tren dari inovasi pembelajaran itu sendiri, dan diharapkan menjadi pendorong untuk dilakukan kajian lebih lanjut tentang inovasi pembelajaran dalam cakupan yang lebih luas, mengingat artikel ini hanya mengkaji dalam cakupan inovasi pembelajaran di Indonesia saja.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educandum

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Lingkup jurnal Lektur Keagamaan meliputi 1. Pendidikan Agama 2. Pendidikan ...