Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 9 No 1 (2023): Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK

Nurhaydah, Nurhaydah (Unknown)
Kasmawati, Kasmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Penelitain ini dilakukan dalam rangka meningkatan kapasitas siswa dalam membaca-menulis Al-Qur’an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti dengan memakai card sort di kelas IV A SDN Bontokamase Sungguminasa Kabupaten Gowa. Penelitian Tindakan Kelas dalam tulisan ini adalah kuantitatif dan kualitatif, dan tersebut terbagi ke dalam dua siklus dan di dalamnya siklus terdapat 4 langkah yaitu: melaksanakan, merencanakan, mengamati, dan merefleksikan. Sasaran dalam riset ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri Bontokamase Sungguminasa sebanyak 34 orang dengan komposisi laki-laki 20 orang dan perempuan 14 orang. Prosedur akumulasi data yang dipakai dalam riset ini yaitu: dokumentasi, observasi, dan tes kemampuan membaca Al-Qur’an. Dalam menganalisis data, teknik yang dipakai adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menunjukkan hasil bahwa penggunaan card sort mampu meningkatkan kapasitas membaca-menulis Al-Qur’an bagi siswa Kelas IV A SD Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa. Pada siklus I, sebelum implementasi card sort, diperoleh nilai presentase siswa mampu membaca Al-Qur’an sebesar 66,17, predikat kurang dan setelah menggunakan metode card sort, rata-rata nilai siswa mampu membaca Al-Qur’an meningkat menjadi 72,58, predikat baik. Demikian halnya pada siklus II, perbandingannya dengan siklus I terjadi kenaikan nilai kemampuan membaca al Qur’an dari 72,58 menjadi 83,41, predikat baik sekali.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educandum

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Lingkup jurnal Lektur Keagamaan meliputi 1. Pendidikan Agama 2. Pendidikan ...