Jurnal USAHA
Vol 4, No 1 (2023): Juni

MENGEMBANGKAN HOBI MENJADI PELUANG BISNIS GARLID ADVENTURE

Endah Putri Lestari (universitas Indraprasta PGRI)
Ahmad Nadzaruddin (universitas Indraprasta PGRI)
Irma Santika (universitas Indraprasta PGRI)
Muthia Rahman (universitas Indraprasta PGRI)
Usmirah - (universitas Indraprasta PGRI)
Rita Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa peluang usaha yang dijalankan bisa dimulai dari hobi yang biasanya kita lakukan. Melalui hobi yang dimiliki dengan mengembangkannya bisa dijadikan sebuah usaha yang menghasilkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dan data primer. Hal ini dikarenakan data diperoleh melalui hasil observasi langsung dengan objek yang penulis teliti serta memperoleh sumber data dari wawancara secara langsung dengan pihak terkait pemilik usaha Garlid Adventure. Dalam mengembangkan hobi diperlukan adanya Percaya dan yakin bahwa usaha dapat dilaksanakan, Mau menerima gagasan, semangat kerja yang tinggi, Mampu berkomunikasi dengan baik, Bertanya pada diri sendiri, Mau mendengarkan saran orang lain. Peluang usaha juga harus dipersiapkan dengan matang. Jangan sampai peluang usaha hilang begitu saja hanya karena kecerobohan semata. Beberapa persiapan yang dapat dilakukan antara lain meneliti luas usaha yang dipilih, bentuk usaha, jenis usaha yang ditekuni, mengenal informasi usaha yang diterima, dan memiliki peta peluang usaha yang menguntungkan. Melalui penelitian yang dilakukan pada usaha Garlid Adventure meskipun tergolong UMKM tetapi,  usaha ini terbilang sukses hingga mempunyai beberapa cabang di berbagai kota, yakni Garlid Yogyakarta, Garlid Depok, Garlid Bojong, Garlid banten, Garlid Depok dua. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

usaha

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Business entrepreneurship Entrepreneurship kontekstual : Social entrepreneurship Public entrepreneurship Political entrepreneurship Ethnic entrepreneurship Agripreneurship Agropreneurship Rural entrepreneurship Urban entrepreneurship Minority entrepreneurship Spiritual entrepreneurship Economy ...