Cakrawala Indonesia
Vol 8 No 1 (2023): Mei-Oktober

Pendekatan Self Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Telaah Bahasa Mahasiswa

Abdul Wahid (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Andi Sukri Syamsuri (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Andi Hasrianti (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pendekatan self regulated learning (SRL) berbasis learning journal dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca telaah bahasa pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unismuh Makassar. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini ialah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan jumlah mahasiswa sebanyak 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa dilihat dari persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 70% dengan nilai rata-rata 64,67, sementara pada Siklus II mencapai 80% dengan nilai rata-rata 69,83. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan self regulated learning (SRL) berbasis learning journal dalam pembelajaran keterampilan membaca telaah bahasa dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...