Saat proses pembelajaran berlangsung masih saja terdapat metode yang konvensional seperti bercerita di depan kelas yang dapat menimbulkan siswa merasa minder atau tidak percaya diri, tidak adanya persiapan yang memicu rasa malu sehingga membuat siswa merasa canggung ketika hendak berbicara di hadapan banyak orang. Penelitian ini berlandaskan pada kurangnya keterampilan berbicara pada siswa. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran yang paling dominan adalah kegiatan mendengarkan, membaca, dan siswa hanya cenderung membuat catatan saja, sehingga keterampilan berbicara siswa menjadi kurang terasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan keterampilan public speaking siswa melalui penerapan metode show and tell. Suatu metode yang terdiri dari menunjukkan dan menjelaskan sesuatu kepada audiens untuk menggambarkan atau menceritakan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan sesuatu yang ditampilkan. Peneliti menggunakan metode penelitian literature review yaitu dengan mengkaji, menganalisis serta mengutip berbagai data penelitian pada artikel-artikel sebelumnya yang memiliki kemiripan dengan penelitian yang sedang diteliti. Hasil penelitian mengungkap bahwa metode show and tell mampu meningkatkan keterampilan berbicara pada peserta didik karena cocok untuk di jadikan alternatif dalam proses belajar mengajar dan mempunyai beberapa kelebihan dalam meningkatkan keterampilan public speaking. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini adalah metode show and tell sangat sederhana dan efektif untuk menumbuhkembangkan rasa percaya diri siswa terutama dalam meningkatkan keterampilan public speaking. Metode show and tell menerapkan pembelajaran yang bersifat student center atau berpusat pada siswa yang mana guru lebih memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara sehingga akan menimbulkan kebiasaan pada siswa untuk bertanya, mengemukakan pendapat maupun bercerita di hadapan teman dan gurunya.
Copyrights © 2023