Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 09 No 02, Juni 2023

MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Shelma Marsha Jovita (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Fina Aulia Damayani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Intan Yunira (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ujang Jamaludin (PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sigit Setiawan (PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Siswa harus mahir dalam kemampuan menulis untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara tertulis dan canggih. Partisipasi aktif siswa dalam mengembangkan komunikasi antara pengajar dan teman sebaya harus diimbangi dengan latihan menulis. Hasil tulisan merupakan salah satu tanda keberhasilan menulis. Untuk itu, peserta didik harus mengikuti prosedur penulisan sebelum, selama dan setelah penulisan dari guru. Berdasarkan hasil diagnostik literasi menulis didapatkan data bahwa dari 30 peserta didik di kelas 2 terdapat 5 peserta didikdengan kemampuan menulis permulaan yang masih rendah di SDN Kamuning 1, Berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan, permasalahan ini dapat diselesaikan dengan cara menggunakan model Pembelajaran Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah. Peserta didik dalam menulis terlihat ada kemajuan, dari 5 orang dengan menulis permulaan yang rendah menjadi 2 orang. Hal tersebut terlihat dari hasil evaluasi yang diberikan kepada peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...