Kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 7 yang mengakibatkan semangat belajar mereka kurang optimal. Hal ini disebabkan oleh kesulitan guru dalam memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan tingkat keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7A di sebuah SMP di Provinsi Papua Selatan. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap tingkat keaktifan siswa selama pembelajaran, melibatkan guru mata pelajaran, dan seorang observer melalui platform Zoom Meeting. Hasil observasi digunakan untuk mengukur tingkat keaktifan siswa, dengan analisis perbandingan antara siklus I dan siklus II. Penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media LKPD terbukti efektif, menunjukkan peningkatan signifikan dari 25% keaktifan siswa pada siklus I menjadi sekitar 70% pada siklus II. Implikasi penelitian ini memberikan referensi bagi guru dan sekolah dalam meningkatkan metode pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa, yang berpotensi meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di masa depan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023