Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2023): January

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media LKPD untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPA

Julita (Unknown)
Puji Hartono (Unknown)
Ahmad Syarifuddin (Unknown)
Yonarlianto Tembang (Unknown)
Minuk Riyana (Unknown)
Retno Wuri Sulistyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 7 yang mengakibatkan semangat belajar mereka kurang optimal. Hal ini disebabkan oleh kesulitan guru dalam memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan tingkat keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7A di sebuah SMP di Provinsi Papua Selatan. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap tingkat keaktifan siswa selama pembelajaran, melibatkan guru mata pelajaran, dan seorang observer melalui platform Zoom Meeting. Hasil observasi digunakan untuk mengukur tingkat keaktifan siswa, dengan analisis perbandingan antara siklus I dan siklus II. Penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media LKPD terbukti efektif, menunjukkan peningkatan signifikan dari 25% keaktifan siswa pada siklus I menjadi sekitar 70% pada siklus II. Implikasi penelitian ini memberikan referensi bagi guru dan sekolah dalam meningkatkan metode pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa, yang berpotensi meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di masa depan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...