Waniambey: Journal of Islamic Education
Vol. 4 No. 1 (2023): Juni, Waniambey: Journal of Islamic Education

PENERAPAN TEORI BELAJAR THORNDIKE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD N MENDUNGAN 2 UMBULHARJO YOGYAKARTA

Indah Anggita Nadya Anggraeni (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia)
Nikmatul Ulya (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia)
Dina Ayu Muti'ah (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia)
M. Rofi Fauzi (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teori belajar Thorndike di terapkan dalam pembelajaran matematika di kelas 5 SD N Mendungan 2 dan apakah teori belajar Thorndike cocok di terapkan di kelas 5. Penelitian ini dilakukan menggunakan penerapan kualitatif. Instrumen penelitian berupa pertanyaan-pertanyaan dan pengamatan secara langsung pada saat pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama toeri belajar Thorndike sudah di terapkan di kelas 5 SD N Mendungan 2 teori belajar Thorndike cocok di terapkan di kelas 5 SD N Mendungan 2. Ketiga mempersiapkan (Law of Readiness) siswa sebelum pembelajaran sangat berpengaruh terhadap apa yang didapat siswa dalam proses pembelajaran. Keempat pelatihan dan pengulangan (Law of Excercise) yang terus menerus dan selalu digunakan (Law of Use) akan membuat siswa lebih mudah dalam memahami setiap materi yang diajarkan. Kelima pemberian hadiah atau reward (Law of Effect) bisa membuat siswa lebih giat dan termotivasi dalam setiap pembelajaran. Dan pemberian hadiah juga bisa memberikan rasa dihargai dalam proses pembelajarannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

waniambey

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Waniambey ini adalah Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua - Indonesia. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam / madrasah ibtidaiyah dan pendidikan ...