Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 5 No. 1 (2023): Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Peningkatan Pemahaman Konsep FPB dan KPK Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Dakon FK Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sumberingin

Reza Aprilia Resterina (Unknown)
Makbul Muksar (Unknown)
Insih Kawedhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2023

Abstract

Permasalahan pembelajaran matematika khususnya materi FPB dan KPK disebabkan karena banyak faktor salah satunya karakteristik dari matematika Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pada pemahaman konsep FPB dan KPK melalui penerapan model PBL berbantu media Dakon-FK; (2) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep konsep FPB dan KPK melalui penerapan model PBL berbantu media Dakon-FK. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jenis pendekatan kualitatif. Alur penelitian mengacu pada model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis & McTaggart yang terdiri dari; (a) Plan; (b) Act & Observation; (c) ReflectionMengacu data hasil penelitian disimpulkan beberapa hal yaitu: (1) Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik. Dibuktikan dari persentase keterlaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 77% menjadi 85%; (2) Adanya peningkatan rerata kelas pada pemahaman konsep materi FPB siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17 dan kenaikan ketuntasan klasikal sebesar 38%. Sedangkan hasil pemahaman konsep materi KPK sudah dinyatakan baik dan tuntas pada siklus I dengan rerata kelas sebesar 85 dan ketuntasan klasikal sebesar 90%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

akad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Akademika terbit sejak tahun 2019, jurnal ini merupakan jurnal Manajemen Pendidikan Islam yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup kajian tentang pendidikan. Secara berkala Jurnal Akademika akan terbit setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan ...