Permasalahan pembelajaran matematika khususnya materi FPB dan KPK disebabkan karena banyak faktor salah satunya karakteristik dari matematika Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pada pemahaman konsep FPB dan KPK melalui penerapan model PBL berbantu media Dakon-FK; (2) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep konsep FPB dan KPK melalui penerapan model PBL berbantu media Dakon-FK. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jenis pendekatan kualitatif. Alur penelitian mengacu pada model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis & McTaggart yang terdiri dari; (a) Plan; (b) Act & Observation; (c) ReflectionMengacu data hasil penelitian disimpulkan beberapa hal yaitu: (1) Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik. Dibuktikan dari persentase keterlaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 77% menjadi 85%; (2) Adanya peningkatan rerata kelas pada pemahaman konsep materi FPB siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17 dan kenaikan ketuntasan klasikal sebesar 38%. Sedangkan hasil pemahaman konsep materi KPK sudah dinyatakan baik dan tuntas pada siklus I dengan rerata kelas sebesar 85 dan ketuntasan klasikal sebesar 90%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023